Anda kenal daun wungu ?

daun-wunguYa, daun yang identik dengan warna ungu kemerah-merahan ini memiliki banyak nama di setiap daerah. Misalnya, di daerah sumatera daun ini di sebut dengan nama pudin (Simalur), dangora, puding. Dan di jawa daun ini disebut dengan daun ungu, daun temen-temen, dan handeuleum.

Daun wungu sering ditemukan tumbuh liar di pedesaan, atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Sebenarnya daun ini berasal dari Irian dan Polynesia ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250 m dpl. Tumbuhan ini bisa tumbuh baik pada tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari, dengan iklim kering atau lembap.

Lalu apa khasiat dari daun wungu ?

Sifat dan Khasiat

                Daun wungu ini berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik), mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan (laksatif), dan juga bermanfaat sebagai pelembut kulit.

Sedangkan pada bunganya berkhasiat sebagai pelancar haid.

Sedangkan dari kandungan kimia yang terkandung di dalam tumbuhan ini, mengandung alkaloid yang tidak beracun, glikosida, steroid, tanin, klorofil, dan lendir. Dan sedangkan pada batang daun wungu memiliki kandungan kalsium oksalat, asam formik, dan lemak.

Akan tetapi, pada umumnya bagian dari daun wungu yang digunakan umumnya adalah bagian daun, Kulit batang dan juga bunganya. Karena bunganya bisa berkhasiat sebagai obat.

Indikasi Daun Wungu

Cara Pemakaian

Daun segar sebanyak 10-15 g direbus, lalu diminum air rebusannya.

Untuk pemakaian luar, siapkan daun atau kulit batang secukupnya dibersihkan lalu dipipis atau ditumbuk hingga halus. Gunakan untuk menutupi luka luar, seperti bisuk, luka basah, sakit telinga, maupun bagian tubuh lainnya yang bengkak akibat benturan ataupun terpukul. Dan untuk air perasan daun untuk mengobati sakit telinga.

Jika Anda bingung cara penggunaannya, intinya hanyalah jika untuk mengobati keluhan dalam seperti sembelit atau haid tidak lancar, daun wungu digunakan dengan cara direbus dengan air secukupnya lalu diminum.

Dan untuk mengatasi keluhan luar, hanya cukup dengan menghaluskannya lalu menggunakannya untuk menutupi luka luar.