pandan

Siapa yang tidak kenal tumbuhan pandan wangi ?

Tumbuhan wangi yang tumbuh di daerah tropis dan banyak di tanam di halaman atau di kebun. Pandan juga kadang tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembab, tumbuh subur dari daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 500 m dpl.

Pandan wangi selain sebagai rempah-rempah juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum kalau diremas atau di iris-iris, sering di gunakan sebagai penyebab, pewangi dan pemberi warna hijau pada masakan atau panganan.

Lalu apa sifat dan khasiat dari daun pandan wangi ?

Khasiat Pandan Wangi

Bagi Anda yang belum tahu, daun pandan wangi ini memiliki khasiat sebagai tonikom. Selain itu juga daun pandan wangi berkhasiat untuk menambah nafsu makan, dan sebagai penenang.

Kandungan Pandan Wangi

Zat-zat yang terkandung di dalam pandan wangi diantaranya yakni alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Bagian dari tumbuhan ini yang di gunakan hanyalah bagian daunnya.

Indikasi

Daun pandan berkhasiat untuk mengatasi:

Lalu bagaimana cara penggunaannya ?

Cara Pemakaian

Ambil daun pandan segar sebanyak 2-5 lembar di iris-iris secukupnya lalu direbus atau diseduh, minum. Atau daun ditumbuk lalu diperas dan diminum. Kalau untuk pemakaian luar, daun dicuci bersih lalu digiling halus. Turapkan pada luka atau kulit kepala yang berketombe.

Contoh Pemakaian

  • Lemah Saraf

Ambil daun pandan segar sebanyak 3 lembar kemudian cuci hingga bersih lalu dipotong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum pagi dan sore hari, masing-masing 1 gelas.

  • Rambut Rontok

Kemudian untuk penggunaan pada rambut rontok. Siapkan 10 lembar daun waru muda yang segar, segenggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar, setelah dicuci bersih lalu dipotong secukupnya.

Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam panci, lalu tambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing ½ cangkir. Kemudian panaskan sampai mendidih, lalu diangkat. Setelah dingin disaring, siap untuk digunakan.

Caranya, oleskan campuran minyak tadi ke seluruh kepala sambil dipijat ringan. Lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Bagaimana, sangat mudah bukan ?

Itulah manfaat pandan wangi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Karena memang umumnya pandan wangi hanya digunakan untuk bahan masakan yang sedap.